Medan,sinarglobalnews.com-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Gelanggang Olahraga Raga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat. GOR ini merupakan gedung tertutup permanen standar senilai Rp9.014.411.582.

Selain NPHD, Pemprov Sumut melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat juga menandatangani Pakta Integritas Hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST). Ini bertujuan agar kedua belah pihak memenuhi perjanjian yang telah disepakati sebelumnya terutama sarana dan prasarana penunjang GOR.

“Atensi kita antara lain seperti kesiapan misalnya jalan, lahan parkir, listrik dan lain-lain yang sudah kita sepakati sebelumnya, sehingga GOR ini berfungsi seperti yang kita inginkan dan berguna untuk masyarakat,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ismael Parenus Sinaga di kantornya, Lt. 7 Kantor Pusat Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Nomor 18, Medan, Selasa (27/9).

Setelah penandatanganan ini, Pemprov Sumut berharap Pemkab Pakpak Bharat merawat dan menjaga GOR yang sudah diserahkan. Ismael juga berharap, semakin banyak gelaran kejuaraan atau kegiatan masyarakat.

“Kami mohon dirawat, dijaga, sehingga masyarakat di sana punya gelanggang olahraga yang layak dan banyak atlet yang tumbuh dari sana,” kata Ismail.

Menurut keterangan Sekretaris Daerah Pakpak Bharat Jalan Berutu yang menandatangani NPHD, BAST dan Pakta Integritas, pihaknya sudah dua kali mengadakan kompetisi olahgara di GOR ini. Menurutnya, ini menandakan besarnya keinginan masyarakat Pakpak Bharat menyelenggarakan kejuaraan olahraga yang layak.

“Kami sangat rindu memiliki GOR seperti ini, kami bahkan sudah dua kali menyelenggarakan kompetisi yaitu voli dan bulu tangkis,” kata Jalan Berutu.

Jalan Berutu atas nama masyarakat Pakpak Bharat sangat berterima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah menghibahkan GOR senilai Rp9 miliar tersebut. Mereka juga berjanji akan memenuhi semua perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

“Kalau menunggu dari APBD kami mungkin sulit mewujudkan memiliki GOR sendiri, karena itu kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Pemprov Sumut yang telah mewujudkan impian kami,” kata Jalan Berutu.

Hadir pada penandatangan ini Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat Manihar Tumanggor, pejabat BPKAD Pakpak Bharat beserta jajarannya. Hadir juga jajaran pejabat Dispora Sumut, BPKAD Sumut dan pejabat terkait lainnya. (SGN/DISKOMINFO SUMUT)