Simalungun,sinarglobalnews.com

Pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Perbelanjaan Daerah P-APBD kabupaten Simalungun Tahun Anggaran 2022 kembali mengalami pergeseran.diketahu dalam rapat Banggar yang digelar Rabu (28/9/22),tampak terjadi pergeseran anggaran sebesar Rp23 miliar. Pergeseran anggaran tersebut terjadi setelah kesepakatan KUA-PPAS yang dilaksanakan pada Selasa (20/09/2022).

Dihadapan pimpinan rapat dan para anggota DPRD Simalungun,Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah Frans Saragih mengatakan, meskipun terjadi pergeseran, untuk Kesepakatan KUA sendiri tidak ada perubahan, yakni Pendapatan Rp2,4 triliun, Belanja Rp2,5 triliun dan pembiayaan sebesar Rp151,9 miliar.

Sementara Kepala Dinas PU Simalungun Hotbinson Damanik dalam rapat menerangkan bahwa penambahan itu untuk menjawab keluhan masyarakat terkait banyaknya jalan rusak di Simalungun.

Sehingga dengan anggaran tersebut, Dinas PU Simalungun akan terlebih dulu melakukan perawatan, pembangunan drainase dan tembok penahan , serta perbaikan jalan.dengan begitu dipastikan bisa meminimalisir longsor di jalanan kabupaten Simalungun. “Kita akan membuat tembok penahan, perbaikan drainase, perawatan jalan dengan tujuan untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar jika terjadi longsor dan semacamnya,” terangnya.

Selanjutnya, Dinas Pertanian juga mendapatkan penambahan anggaran setelah sebelumnya sudah ditambahkan sebesar Rp14,2 miliar, kini bertambah lagi Rp3 miliar, sehingga menjadi Rp17,2 miliar.

Ruslan Sitepu selaku Kepala Dinas Pertanian mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan membangun sarana prasaran pertanian, seperti saluran irigasi dan jalan pertanian,ia menerangkan, hal tersebut untuk mempermudah petani dan meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Pimpinan Rapat Badan Anggaran DPRD Simalungun Elias Barus menegaskan bahwa pergeseran yang terjadi sah sesuai aturan. Diterangkannya, telah terjadi pergeseran anggaran hampir di semua OPD dengan total yang bergeser sebesar Rp23 miliar.

EB juga mengatakan bahwa Banggar sepakat akan pergeseran ataupun penambahan anggaran tersebut di OPD masing-masing dan berharap digunakan sesuai aturan dan jangan di Silpa kan “Inilah dinamika pembahasan perubahan, tentunya akan ada perubahan dan ini sah. Badan Anggaran sudah sepakat,” ucap Elias Barus.

Dalam rapat Banggar ini jelas Dinas PU Simalungun kembali mendapatkan penambahan anggaran sebesar Rp7,5 miliar, sehingga total penambahannya menjadi Rp50,4 miliar.(SGN/RO1)